Cegah Banjir, Pimpinan DPRD Dorong Dinas PU Normalisasi Sungai


Wakil Ketua I DPRD Kota Bandar Lampung, Aderly Imelia Sari

RAKYATBALAM.COM – Wakil Ketua I DPRD Kota Bandar Lampung, Aderly Imelia Sari mendorong Dinas PU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, untuk melakukan normalisasi sungai. Mengingat saat ini adalah musim penghujan, dimana Kota Tapis Berseri banyak titik-titik rawan banjir.

“Ya masalah banjir memang jadi momok bagi warga kota Bandarlampung, karena itu kami DPRD mendorong Dinas PU untuk melakukan pengerukan sungai, mengingat banyak sungai  yang mengalami pendangkalan, sehingga air meluap dan mengakibatkan kebanjiran,” ujar Aderly Imelia Sari, Selasa (14/01).

Sebagai contoh, imbuh politisi wanita asal Partai Gerindra ini, sungai way Awi, di Kali Awi, airnya meluap saat hujan sehingga banyak rumah warga yang kebanjiran.

Bukan hanya sungai Way Awi, juga ada sungai di Way Balau, Labuhan Ratu juga mengalami pendangkalan, tidak jarang saat hujan air sungai meluap dan ini dikhawatirkan jadi banjir.

Baca Juga

“Kita mencegah. Makanya kita minta Dinas PU melakukan pengerukan sungai. Bukan tidak mungkin kalau dibiarkan terus-menerus, sungai Way Balau, di Teknokrat itu ada penyempitan, sehingga air sungai tidak langsung mengalir. Khawatirnya kedepan terkena banjir bandang,” ungkapnya.

Pimpinan DPRD ini menambahkan, masalah banjir adalah tanggungjawab bersama. Karena itu, warga Kota Bandarlampung juga wajib menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Ya penyebabnya pertumbuhan pembangunan sehingga resapan air berkurang dan zona hijau kota yang juga berkurang, dengan banyaknya pembangunan perumahan, makanya kedepan mungkin akan kita ajukan semacam peraturan agar setiap pembangunan perumahan wajib membuat resapan air atau embung,” tandasnya.

(ron)

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *