18 Maret Koperasi TKBM RAT dan Pemilihan Ketua

sekretaris Koperasi TKBM Panjang, Indra Akhyadi
sekretaris Koperasi TKBM Panjang, Indra Akhyadi

RAKYATBALAM.COM – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, diagendakan akan menggelar rapat anggota tahunan (RAT) pada Rabu (18/03/2020).

Nah, yang menarik dalam RAT koperasi TKBM tersebut adalah dimana akan ada agenda pemilihan Ketua defenitip koperasi pasca digulingkannya mantan Ketua Sainin Nurjaya, yang terganjal kasus dugaan korupsi penggelapan dana koperasi senilai Rp21 Miliar lebih.

Baca Juga

Menurut sekretaris Koperasi TKBM Panjang, Indra Akhyadi, jika perhelatan RAT Koperasi TKBM itu sesuai prosesur akan dilakukan setelah penyampaian laporan keuangan koperasi. “Kan kita laporan keuangan koperasi di akhir tahun Desember kemarin, ada limit waktu dalam menyampaikan RAT, setelah laporan minimal 3 bulan setelah laporan keuangan, makanya kita agendakan RAT ada di 18 Maret 2020,” ujar Adi, sapaan akrab Indra Akhyadi, di kantor Koperasi TKBM Panjang, Kamis (27/02/2020).

Disinggung, apakah nantinya ada agenda pemilihan ketua? “Untuk agenda pemilihan ketua, nanti melihat dari juklas dan juknisnya, kita serahkan kepada anggota, kalau dipandang dan dinilai perlu ada pemilihan ketua, kita lakukan format pemilihan ketua,” jelasnya.

Untuk lokasi, imbuhnya, ada dua opsi yakni di kantor KSOP (Kesahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Panjang dan di luar. “Bisa di KSOP, karena mereka adalah pembina utama kita, bisa juga di Hotel Sahid, tergantung bagaimana keputusan rapat,” ungkapnya.

Siapa saja kah para kandidat calon ketua koperasi dan sejauh ini apakah sudah ada nama-nama yang akan maju sebagai calon ketua Koperasi TKBM. “Saya belum tau siapa saja yang akan maju, yang jelas kalau ada format pemilihan ketua kita siapkan dan saya juga gak tau siapa saja yang mau maju, karena saya kan gak nyalon,” bebernya.

Lalu, apakah ada persyaratan khusus untuk maju sebagai ketua Koperasi TKBM? “Ya tentunya kalau syarat khusus dia harus terdaftar sebagai aggota koperasi TKBM Panjang, dipilih oleh anggota. RAT ini adalah dimana rapat tertinggi anggota, disinilah anggota bisa bersikap dan menentukan haknya. Pada prinsipnya RAT adakah moment tertinggi anggota koperasi,” jelasnya.

Sejauh ini, tambah Indra Akhyadi, terdapat 1077 anggota keperasi TKBM yang aktip, angka ini adalah yang dihasilkan berdasarkan ferivikasi anggota di KSOP Panjang. “Ya nanti pada prinsipnya undangan tetap kita tebar seluruhnya, dan panitia pun materi disiapkan. Yang jelas, pengurus siap menghantarkan semua dengn baik, tidak ada pihak anggota yang dirugikan,” tandasnya.

(ron)

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *